Cara Mendeteksi Tungau di Kasur Anda

Kasur Anda sudah terlihat bersih dan nyaman untuk tidur? Amati baik-baik karena bisa saja ada bahaya yang mengintai dari tungau kasur di sana. Tungau adalah hewan sejenis microspider yang hidup di lingkungan kotor dan berkembang biak dengan sangat cepat. Pada dasarnya, tungau memperoleh makanan dari serpihan kulit manusia yang mengelupas pada saat kita tidur. Bagaimana cara mendeteksi tungau di kasur Anda?

 

Menurut National Health Services (NHS), tanda-tanda kasur Anda dihuni oleh tungau adalah sebagai berikut:

1. Munculnya bekas gigitan berwarna merah dan gatal di kulit. Dalam beberapa kasus yang parah, bintik ini bisa menjadi bisul berisi nanah atau menyebabkan ruam-ruam.

2. Terasa adanya gigitan di bagian kulit yang terlihat, biasanya di area lengan dan bahu.

3. Adanya bintik-bintik hitam di kasur, yang merupakan kotoran dari tungau.

4. Terlihat ada cangkang berbintik atau belang yang mungkin ditinggalkan oleh tungau.

5. Adanya telur kecil berwarna putih di sela-sela dan lipatan kasur. Agar lebih jelas bisa gunakan senter ponsel untuk mengecek.

6. Kamar menjadi berbau apek dan tidak enak.

7. Bintik-bintik darah di sprei, bisa jadi tungau yang tertekan tubuh saat bergerak di kasur.

 

Untuk menghindarinya, Anda dapat mencuci pakaian dan sprei dengan air hangat (60 derajat) dan jika mengunakan pembersih vacuum, gunakan vacuum cleaner khusus yang berteknologi hydrocleaner agar tungau dapat terangkat. Lalu buanglah barang-barang yang tak digunakan secara berkala, agar dapat mengurangi jumlah tempat persembunyian tungau.

 

Anda juga dapat menggunakan layanan Dustmite dari Sparklin untuk menghilangkan tungau di rumah. Selalu usahakan rumah Anda dalam keadaan bersih agar kesehatan Anda dan keluarga tetap terjaga. Untuk info selengkapnya,  dapat check di sini.

SPARKLIN