Kesalahan yang Membuat Peralatan Rumah Tangga Cepat Rusak

Peralatan rumah tangga berkualitas pun tidak luput dari kerusakan. Namun, yang lebih sering terjadi adalah peralatan rumah tangga yang rusak sebelum waktunya. Sebabnya bermacam-macam, bisa jadi karena kebiasaan kita selama ini adalah faktor utama rusaknya peralatan rumah tangga. Banyak cara-cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk merawat peralatan rumah tangga. Simak kesalahan yang perlu Anda hindari agar perlatan rumah tangga tidak cepat rusak.

Tidak memeriksa saku pakaian sebelum memasukkannya ke mesin cuci

Kesalahan yang membuat peralatan rumah tangga cepat rusak yang pertama adalah tidak memeriksa saku pakaian sebelum memasukkannya ke mesin cuci. Koin dan barang-barang kecil lain yang biasa disimpan di dalam saku seringkali lupa dikeluarkan sebelum dicuci. Padahal, barang-barang kecil bisa menyebabkan masalah besar bagi peralatan rumah tangga ini. Gesekan yang disebabkan saat mesin cuci berputar bisa merusak saluran air yang cukup sulit untuk diperbaiki.

Tidak langsung membersihkan bagian dalam peralatan rumah tangga setelah pemakaian

Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan, khususnya pada peralatan rumah tangga untuk makanan, seperti rice cooker, pemanggang roti, dan oven. Padahal, serpihan-serpihan makanan yang tertinggal di dalamnya setelah pemakaian bisa merusak mesin pemanasnya dan lama-kelamaan akan menjadi jamur. Bukan hanya mesin peralatan rumah tangga yang berisiko, tetapi juga kesehatan keluarga.

Memasukkan makanan panas ke kulkas

Makanan yang sangat panas akan mengontradiksi suhu peralatan rumah tangga satu ini yang dingin. Temperatur di dalamnya pun akan berubah dan merusak mesin serta makanan lain. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mendinginkan makanan tersebut sebelum memasukkannya ke kulkas. Diamkan 15-30 menit untuk makanan di bawah 90°C dan 30-60 menit untuk di atas 90°.

Membiarkan pakaian yang sudah bersih dan belum dijemur terlalu lama di dalam mesin cuci

Kelembaban di peralatan rumah tangga manapun akan menyebabkan jamur. Oleh karena itu, pastikan Anda mengeringkan peralatan rumah tangga tersebut langsung setelah pemakaian. Khususnya bagi mesin cuci, kesalahan ini cukup sering terjadi. Segera keluarkan dan jemur pakaian setelah pencucian selesai untuk menghindari jamur. Jangan lupa juga untuk mengeringkan bagian dalam mesin cuci untuk memastikan tidak ada kelembaban yang tersisa.

Meskipun pada awalnya tidak kesalahan-kesalahan kecil seperti ini terlihat tidak berpengaruh besar, jika sering dilakukan, peralatan rumah tangga akan rusak sebelum waktunya. Setelah sekarang mengetahui kesalahan-kesalahannya, perlahan-lahan hindari kebiasaan yang bisa membuat peralatan rumah tangga cepat rusak!

SPARKLIN